PGSD STKIP-MB MENJAWAB KEBUTUHAN GURU SD

Pendidikan adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam hidup dan kehidupan manusia. Tidak ada manusia di dunia ini yang hidup tanpa pendidikan. Apapun profesi seseorang, baik sebagai pejabat, politikus, pengusaha, ekonom, budayawan, olahragawan, dan lain-lain, pendidikanlah yang mengantarkannya kepada keberhasilan yang diraihnya. Dan guru merupakan sosok yang menjadi bagian terpenting dalam dunia pendidikan.

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Sehingga kualitas adalah hal mutlak yang tidak bisa ditawar-tawar dalam profesi sebagai guru.

Guru garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 mengamanatkan guru harus  memenuhi kualifikasi akademik Strata 1 sesuai dengan jenis, jenjang dan satuan pendidikan formal tempat guru tersebut ditempatkan sebagai bentuk usaha pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan profesionalitas tenaga guru.

Kabupaten Bungo merupakan salah satu kabupaten di provinsi jambi yang masih kekurangan guru khususnya guru Sekolah Dasar dengan kualifikasi S1.Dari data yang diperoleh dari sumber terpercaya terdapat sekitar 850 guru SD yang belum memiliki Ijazah S1di kabupaten Bungo.Sementara kabupaten Tebo, dan kabupaten Merangin ralatif sama.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Muhammadiyah Bungo Satu-satunya Prodi PGSD yang ada di kabupaten Bungo hadir ditengah masyarakat untuk membantu pemerintah dalam mencetak guru guna untuk memenuhi kekurangan tenaga guru di kabupaten Bungo khususnya dan Kabupaten tetangga dalam provinsi Jambi pada umumnya.

PGSD STKIP-MB,sebagai jurusan keguruan pencetak calon pendidik yang kuat secara aqidah. Ibadah dan semua itu dipraktikan di STKIP berawal dari ibadah sholat. Ketika adzan berkumandang wajib semua aktifitas dihentikan. Para pimpinan, dosen, staf-stafnya, mahasiswa, wajib turun ke mesjid. Harapannya STKIP MMB akan menghasilkan guru yang menjadi contoh bagi peserta didiknya. Cerdas secara intelalektul, emosional dan spritual. Demi masa depan yang agamis relegius dan Berwawasan kebangsaan.

PGSD STKIP-MB memiliki dosen tetap berlatar belakang ilmu kependidikan Sekolah Dasarlulusan Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesiamemiliki visi “Menjadi Program di Bernuansa Islami, Berkualitas dan Berdaya Saing dalam Mengembangkan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Tingkat Wilayah Kopertis X pada Tahun 2020”. Untuk mewujudkan visi tersebut PGSD STKIP-MB terus memacu diri meningkatkan kualitas melalui Tridharma Perguruan Tinggi, (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian) serta meningkat dan status akreditasi yang saat ini sedang diproses, dan dalam waktu dekat akreditasi minimal B akan segera terwujud. Selain itu letaknya yang strategis berada dipusat kota Muara Bungo merupakan Alternatif solusi yang tepat bagi calon guru SD yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. STKIP-MB hingga saat ini telah menerima 2 angkatan untuk PGSD dengan jumlah 275 orang dan tahun ajaran yang akan datang dibatasi hanya sebanyak 250 orang saja. (*)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar